Nyaris Patah Semangat, Kegagalan Jadi Cambuk Victor Igbonefo

By Abdi Satria


nusakini.com-Bandung-Perjalanan karier pesepakbola profesional tak selalu mulus. Beberapa kegagalan justru menjadi cambuk untuk menjadi lebih baik. Setidaknya, begitulah kisah Victor Igbonefo.

Bek Persib ini pernah mengalami kegagalan yang membuatnya hampir patah semangat. Beruntung, tekad membuat Ignonefo tetap tegar dan kembali bangkit. 

Saat masih di akademi sepakbola, dia gagal terpilih untuk tampil di Eropa. Namun, bek naturalisasi ini tetap bermain maksimal dalam latihan dan berbagai turnamen. 

"Melalui akademi sepakbola, saya berharap menuju Eropa, tapi tidak ada," kata pemain bernomor punggung 32 ini. 

Kerja kerasnya pun berbuah manis. Berbagai turnamen yang diikuti timnya membuat Igbonefo terpilih sebagai salah satu klub terbaik di Nigeria. Hingga akhirnya bergabung bersama Persipura Jayapura sebagai tim Indonesia pertamanya. 

"Dari turnamen aku dipinang salah satu klub profesional terbaik. Salah satu tim yang banyak mengorbitkan banyak pemain muda potensial. Dari sana aku kemudian ke Persipura," ucapnya.  

Igbonefo pun percaya, perjalanan selama ini merupakan proses dia menjadi pesepakbola profesional. Dia pun akan terus berproses dan belajar lebih baik karena itu adalah baik. 

"Aku akan terus berproses karena dalam sepakbola itu bagus," ucapnya. (p/ab)